Rencana
Persiapan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata
Pelajaran : IPA Fisika
Kelas/Semester : IX/2
Materi Pokok :
1. Proses-proses pada Lithosfer dan
Atmosfer
Bumi
Sub Materi Pokok :
2. Pengaruh Proses-proses di Lingkungan
terhadap Kesehatan
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A .Standar kompetensi:
Memahami sistem tata surya dan
proses yang terjadi di dalamnya.
B . Kompetensi dasar
:
Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan
atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.
C .
Indikator
·
Menjelaskan
pengaruh proses-proses di lingkungan terhadap kesehatan manusia
D . Tujuan Pembelajaran :
4.1. Pemahaman dan Penerapan Konsep :
Siswa dapat
menjelaskan:
·
Menjelaskan
proses pelapukan dilapisan bumi yang brkaitan dengan masalah lingkungan,
·
Menjelaskan
proses pemanasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi
·
Menjelaskan
pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia,
·
Menyadari
bahayanya pengaruh negative proses-proses lingkungan karena ulah manusia
terhadap kesehatan manusia.
4.2. Kinerja Ilmiah :
Siswa dapat :
1.
bekerja sama
2.
menghargai pendapat teman dalam diskusi .
4. mengkuti KBM dengan disiplin ( tepat
waktu )
5. mengmukakan ide cemerlang tentang
Proses-proses di lingkungan
terhadap kesehatan
6. membuat tulisan tentang dampak
negative terhadap proses-proses di
lingkungan oleh manusia terhadap
kesehatan
F.
Materi
Pembelajaran :
Bumi merupakan
planet yang telah lama dihuni oleh makhluk hidup. Bumi sebenarnya terdiri dari
atas beberapa lapisan dan berbagai zat yang menyusunnya. Struktur permukaan
bumi terdiri atas tiga bagian, yaitu litosfer,hidrosfer, dan atmosfer. Litosfer
adalah pemukaan bumi yang berupa batuan dan daratan. Hidrosfer adalah pemukaan
bumi yang berupa perairan.
G .
Langkah Pembelajaran :
kegiatan awal :
1.
Mengawali
pelajaran dengan berdoa
2.
Apersepsi
dan motivasi
Kegiatan Inti
:
- Siapkan kelas sebagaimana mestinya.
- Jelaskan materi sesuai topic menit.
- Untuk memantapkan penguasaan peserta, tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) kurang lebih 5 menit.
- Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasikan materi sesuai kartu masing-masing. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu control.
- Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing.
- Untuk mengevaluasi keberhasilan, berikan siswa pertanyaan yang sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
- Strategi ini dapat dimodifikasikan sesuai keadaan.
- Kesimpulan.
Penutup :
Guru membimbing siswa untuk
memperoleh
kesimpulan :
a.
Lapisan
ozon terletak pada lapisan stratosfer bumi. Lapisan ozon berfungsi untuk
meyerap 99 % energi ultra violet matahari agar tidak sampai ke permukaan bumi.
1 % ulta violet yang tidak terserap itu sampai ke permukaan bumi diperlukan
untk fotosintesa tumbuh-tumbuhan.
b.
Sejak
tahun 1985 para ahli mendeteksi adanya penipisan lapisan ozon dan melihat ada
lubang yang muncul dan makin membesar pada lapisan ozon di daerah kutub. Akibatnya sinar ultra violet matahari dengan
leluasa sampai ke permukaan bumi. Sinar ini sangat membahayakan, karena dapat
menyebabkan kanker dan katarak mata.
c.
Penyebab
penipisan lapisan ozon :
Penyebabnya
adalah gas freon (gas yang digunakan dalam lemari es dan penyejuk ruangan).
Jika freon dibebaskan ke udara, maka freon hancur saat terkena sinar ultra
violet matahari dan melepaskan klorin.
Klorin akan
bereaksi dengan ozon (O3) membentuk oksigen biasa (O2),
yang tidak mampu menyerap sinar ultra violet dari matahari. Akibatnya terjadi
penipisan lapisan ozon, sehingga sinar ultra violet dengan mudah menembus lapiosan
ozon dan sampai ke permukaan bumi.
d.
Usaha
mengurangi freon :
Penggunaan freon
diganti fluida pembeku. Dan sejak tahun 1996 US berhenti memproduksi freon.
e.
Pencemaran
udara :
Akibat banyaknya
kendaraan bermotor, pembangkit listrik dan pabrik-pabrik yang menghasilkan gas
buang ( CO )yang mencemari udara.
CO ( gas
monooksida ) adalah gas yang sangat beracun dan sangat berbahaya bagi manusia.
f.
Gas CO berbahaya karena ketika kita hirup gas
tersebut akan masuk ke paru-paru . Gas
CO lebih mudah diikat oleh
hemoglobin dalam darah daripada oksigen tetapi sukar pula untuk lepas. Akibat
reaksi CO dengan hemoglobin tubuh menjadi kurang oksigen, keracunan pun
terjadi.
g.
Pencemaran
udara oleh timbal :
Bensin sebagai
bahan bakar diberi timbal agar mobil bekerja lebih baik. Akibatnya atom-atom
yang keluar dari knalpot mengandung timbal yang sangat berbahaya bagi manusia.
h.
Keracunan timbal sangat berbahaya pada :
·
ibu
hamil dan anak di bawah 5 tahun yang masih mengalami pertumbuhan otak. Otaknya
akan terganggu dan IQ melemah
·
tingkah
laku buruk, sakit perut dan sakit kepala berlebihan, nafsu makan turun.
·
Sulit
tidur, cepat lelah dan kesulitan mendengar
·
Tubuh
lemah, kehilangan koordinasi tubuh
·
Keracunan
akut, bahkan kematian
Sumber
: Mustika kartika prima (IPA Terpadu)
H.
Penilaian :
1. Pemahaman dan
Penerapan Konsep :
·
menjawab
soal PG nomor 24 dan 30 dan soal essay nomor 18 s/d 23 halaman 192 buku Sains Fisika SMP Kelas IA Penerbit
Erlangga
.
Pengamatan
selama kegiatan belajar berlangsung dilihat dari sikap,
kejujuran, kedisiplinan, kemauan, cara
memberi ide, cara menarik
kesimpulan dst
. Penilaian cara membuat tulisan tentang “
Dampak Negative
Proses-proses di Lingkungan oleh Manusia
Terhadap Kesehatan.
I .Alat dan
Bahan :
-
Mengetahui :
Guru
Kepala sekolah
....................... .......................
NIP....................... NIP.......................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar